Pengabdian Masyarakat Kelas XI SMAIT Raudhatul Jannah Cilegon Tahun Pelajaran 2022/2023

Pengabdian masyarakat adalah pengalaman iptek dan imtaq yang dilakukan oleh sekolah secara melembaga melalui metode ilmiah langsung kepada masyarakat yang membutuhkan, dalam upaya mensukseskan pembangunan dan mengembangkan manusia pembangunan. Pengabdian kepada masyarakat dikembangkan dalam bentuk pendidikan kepada masyarakat, pelayanan kepada masyarakat, pengembangan wilayah, kaji tindak dan kerja nyata.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berlangsung pada hari Selasa, 11 Oktober 2022 mulai pukul 08.00 – 13.30. Peserta kegiatan adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAIT Raudhatul Jannah Cilegon baik dari jurusan IPA maupun IPS. Peserta didik melakukan pengabdian sesuai lokasi yang telah ditentukan sekolah yaitu ada yang melaksanakan di Pondok Pesantren Ammalul Ummah, Pondok Pesantren As Shirath, Pondok Pesantren Baitul Quran, Pondok Pesantren Saung Quran dan juga Home Industry Pengrajin Emping Libudak di Desa Sambilawang, Waringin Kurung. Dalam kegiatan pengabdian peserta didik dapat berbaur secara langsung dengan masyarakat dalam berbagi ilmu juga dalam materil maupun non materil.

Peserta didik yang melaksanakan pengabdian di pondok pesantren melaksanakan pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi lokasi pengabdian masing-masing. Mata pelajaran yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini ada beberapa mata pelajaran diantaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika.  Peserta didik menyiapkan kegiatan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan disesuaikan dengan mata pelajaran juga materi yang akan digunakan juga melakukan observasi dan wawancara kepada santri maupun pimpinan pondok pesantren.

Peserta didik yang melaksanakan pengabdian di Pengrajin Emping Libudak di Desa Sambilawang, Waringin Kurung membuat bussines plan dan juga mencoba langsung pembuatan atau pengolahan, pengemasan emping hingga tahap pemasaran. Peserta didik berinteraksi langsung dengan masyarakat dan juga melakukan observasi dan wawancara selama kegiatan pengabdian.

Akhir kegiatan pengabdian masyarakat peserta didik membuat laporan selama kegiatan pengabdian masyarakat yang nantinya dapat menjadi bahan untuk tindak lanjut kegiatan pengabdian masyarakat.

Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini peserta didik SMAIT Raudhatul Jannah mempunyai karakter yang bertanggung jawab, mandiri, gotong royong dan religius serta nilai sosial yang tinggi serta menghargai masyarakat sekitar dan dapat semakin bersyukur dengan apa yang dimilikinya. [Imalia Dwi Rosmayati, M.Pd.]